Senin, 18 Juli 2016

Makanan Khas Kota Pontianak

5 Makanan Khas Pontianak
1. Kue Bingke

Bingke salah satu makanan khas pontianak.
Bingke yang terbuat dari campuran terlur, santan, sedikit terigu, dan gula pasir. Kue tradisional ini juga populer di kalangan turis yang datang ke pontianak, sehingga dijadikan buah tangan khas daerah ini. Meski bergitu, bingke juga bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Yogyakarta.
Bahan utama dari kue bingke Pontianak cukup sederhana. Seperti:
1. Tepung terigu
2. Telur
3. Santan
4. Gula pasir
5. Garam
Ada juga kue bingke yang dipanggang, ada pula yang dikukus yang dinamakan Bingke berendam (bahasa pontianak).
Kue bingke merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, telur, gula dan santan. Sebelum disajikan, kue bingke biasa nya harus dipanggan dua kali baru bisa di hidangkan. Setidaknya butuh waktu 1 jam untuk memanggang kue bingke.
2. Sotong Pangkong

Sotong Pankong adalah suatu makanan khas Asli pontianak yang terbuat dari cumi kering.
Sumber:ensiklopediaindonesia.com
Di Pontianak memiliki satu makanan khas pada saat bulan Ramadhan. Yaitu cumi kering atau akrab di sebut sotong pangkong. Warga Pontianak biasa menyebutnya sotong pangkong sebab sebelum disajikan cumi dipukul-pukul atau di pangkong dalam bahasa Pontianak nya.
Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan mengunanakan arang, setelah dibakar cumi atau sotong tersebut dipukul-pukul mengunakan palu. Kenapa dipukul-pukul tujuannya adalah agar rasanya gurih dan nikmat.
Rasa sotong pangkong ini sangatlah gurih dan pengolahannya pun unik. Setelah di bakar cumi atau sotong dipukul-pukul menggunakan palu.
Setiap bulan Ramadhan di Jalan Merdeka Kota Pontianak banyak ditemukan pedagang kali lima yang menyajikan makanan khas Pontianak ini.
Sotong Pangkong akan terasa nikmat apabila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya bercampur, asin gurih,dan pedas. Penyuka sotong pangkong ini sangat beragam mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.
Masyarakat Pontianak selalu menyempatkan diri untuk menikmati sotong pangkong, karena sotong pangkong ini hanya bisa ditemukan setiap bulan Ramadhan saja.
3. Tempoyak


Tempoyak adalah salah satu makanan khas pontianak citarasa nya yang khas tempoyak sering dijadikan sebagai lauk ketika makan.
Tempoyak adalah makanan yang berasal dari Durian yang difermentasi. Tempoyak merumakan makanan khas Pontianak yang biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga bisa dimakan langsung, tetapi hal ini sangat jarang sekali dilakukan masyarakat pontianak karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak. Ternyata tempoyak juga biasa dujadikan bumbu masakan.
4. Lempok Durian

Lempok Durian adalah salah satu makanan khas dari pontianak yang terbuat dari durian dan sedikit gula.
Sumber: bloggerborneo.com
Lempok Durian adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari buah durian dan sedikit ditambahkan gula. Karena cita rasa legitnya yang khas lempok durian banyak digemari oleh banyak kalangan.
5. Kue Tart Susu

Tart Susu adalah salah satu makanan khas Pontianak. Cita rasa yang sangat enak, lembut dan sederhana.
Tart Susu adalah salah satu makanan khas Pontianak. Cita rasa yang sangat enak, lembut dan sederhana. Karena cita rasanya itulah kue tart susu menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Pontianak. Kue tart susu sendiri biasa dijumpai pada toko aneka kue yang buka setiap pagi. Kue tart susu juga biasa sebagai hidangan pembuka pada saat walimahan, seminar, dll.
Jika kalian mengunjungi Kota Pontianak jangan lupa untuk mencicipi Makanan Khas nya ya..
Demikianlah 5 Makanan Khas Kota Pontianak dari kampung halaman..
Semoga Bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar